Dua hari rasanya sangat tidak cukup untuk menjelajahi dan menikmati pesona Nusa penida, tapi apa daya rutinitas pekerjaan membatasi saya hanya bisa dua hari.. tapi meski cuma dua hari hmm petualangannya sangat menyenangkan dan memuaskan..

Pesona Nusa penida akan lebih banyak kita temui berupa pemandangan lautan lepas dari tebing yang tinggi, bentuk tebing yang unik dan gubahan-gubahan alam yang menakjubkan membuat Nusa penida menjadi tempat yang menyediakan begitu banyak spot foto yang bagus, pastinya zaman Instagram belum lewat jadi pastikan ada pesona Nusa penida di Instagram mu… ūüėā

Jangan khawatir kalo kamu suka pantai berenang dan bermain di pantai berpasir putih, disebelah barat pusat terdapat pantai pasir putih yang dikenal dengan Crystal beach, Pasir Putih yang halus dan keindahan sunset di sore hari menjadi alasan utama kmu harus kesini… 

Mengunjungi Nusa penida membuat kita akan bersyukur betapa beruntungnya kita hidup dan tinggal di Nusantara, Indonesia tercinta.

Masih banyak keindahan lainnya di Nusa penida yang harus kamu cari tau sendiri..  selamat berlibur…

 

PULOT – lagi lagi Meureudu

Pernah makan makanan sejenis kue yang terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang lalu di panggang? Ya, Pulot namanya kalau bahasa aceh. bagi saya Pulot adalah makanan yang sangat fenomenal dalam hidup saya, teringat dulu waktu kecil tepatnya sewaktu saya sekolah dasar, Pulot selalu menjadi sarapan yang lezat dan sulit tergantikan, bersama kopi menjadi perpaduan yang tidak bisa dipisahkan, pulot dan kopi di campur di dalam piring kecil rasanya sungguh nikmat selagi masih hangat. Tetangga saya dulu yang sekarang sudah seperti keluarga dekat adalah langganan pulot nikmat saya rasanya gak ada pulot lain yang seenak bikinan mereka hahaha, tapi kalo seperti sekarang saya pulang kampung dari perantauan Pulot dan kopi hitam selalu gratis, senangnyaa..

WP_20150909_08_28_29_Pro   WP_20150913_06_45_58_Pro

Ditempat lain saya sempat menemukan Pulot juga tapi sudah pakai isi biasanya abon atau daging, yang ada isi begini saya kurang suka, karna originalitas Pulot bagi saya itu pulot yang isinya beras aja gak pake isi,

PISANG BADA –¬† lagi lagi Meureudu

WP_20150911_15_18_07_Pro

Rasa belum pernah mendengar kata Bada untuk Pisang goreng di daerah lain selain di meureudu, Bada adalah sebutan untuk pisang goreng kipas di meureudu, rasanya juga sangat nikmat dan renyah, pisang yang di pakai untung bada ini adalah pisang khusus yaitu pisang kupok. Adonan tepung yang digunakan juga khas untuk tiap penjualnya seperti yang dijual juga oleh tetangga saya, biasanya saat menggoreng ada bagian tepung yang terpisah2 dari bada sehingga menjadi kerak-kerak tepung yang renyah juga untuk dimakan.

KOPI HITAM – Lagi lagi meureudu

WP_20150911_15_11_46_Pro

Kalo ke aceh jangan sampai deh gak masuk ke warung kopi untuk mencoba kopinya, dimana-mana tentunya di aceh, kopi menjadi minuman favorite masyarakat. Kopi aceh sungguh nikmat, cita rasanya luar biasa, meski yang paling terkenal adalah kopi Gayo tapi bukan berarti kopi di daerah lain di aceh tidak enak, justru sama enaknya hanya khas rasanya saja yang mungkin sdikit berbeda. Masyarakat di aceh secara umum merasa belum lengkap kalau aktifitasnya tidak ditemani dengan kopi, jak ugle, jak ubang, jak u laot, jak sikula, jak u kanto semua butuh kopi, biar otak encer  pikiran tenang unrusan beres.

  • Jak U gle¬† = pergi ke ladang
  • Jak U blang = pergi ke sawah
  • Jak U laout = pergi melaut
  • Jak U sikula¬† =pergi kerja di sekolah
  • Jak U kanto = pergi kerja di kantor

ADE – lagi-lagi meureudu

Yang tak boleh ketinggalan satu lagi adalah Ade, sejenis kue yang menjadi makanan iconic daerah meureudu, bahas masalah ade bisa cukup panjang, jadi bagi yang penasarang coba aja searching sendiri di internet, moga mendapat referensi yang lengkap beserta fotonya.

Di Bali banyak sekali tempat-tempat yang unik dan menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah paitai seminyak, pantai ini biasa digunakan oleh para wisatawan untuk surfing, santai dan menikmati sunset di senja hari. Saya lebih suka bilang pantai seminyak ini dengan pantai warna-warna warni karena inilah yang yang membuat saya sangat terkesan dengan dengan pantai ini, sebenarnya yang berwarna warni bukanlah pasirnya atau air lautnya tapi salah satu spot tempat makan  dan bersantai yang bernama La Plancha dengan konsep warna warni, tempat duduknya yang disusun rapi sepanjang pantai dengan payung-payung pantainya, bangunannya juga unik sangat menggugah inspirasi dan membuat siapapun yang berkunjung jadi ceria hehe, lokasi pantai seminyak atau cafe la plancha ini tepatnya di jalan Dyana pura seminyak Kuta Bali.

IMG_20150201_180220

Salah satu ikon bali adalah jalan tol bali mandara tengah lautnya yang merupakan jalan tol tengah laut terpanjang di Asia tenggar,  menghubungkan denpasar, bandara ngurah rai dan nusa dua melewati teluk benoa.  Nah ada satu kuliner menarik dekat dengan jalan tol ini dengan suasana hutan manggrove dan teluk benoa yang indah, karena lokasinya yang juga dekat dengan bandara Ngurah rai sehingga akan sering terlihat pesawat terbang sangat rendah sekali di atas lokasi kuliner ini karena hendak landing ke bandara Ngurah rai.

Apa saja menu andalan disini?

Sesuai dengan namanya “Kampung Kepiting’¬† tentu saja olahan atau masakan kepiting jadi andalannya, ada beberapa menu kepiting disini dengan cita rasa yang cukup lumayan dengan harga satu porsi sekitar 125k, tapi menu kesukaan saya adalah ikan gindara, 60k, dalam satu porsinya ada dua potong. Selain kepiting disini juga menawarkan aneka makanan dan minuman olahan buah manggrove tentu saja karena lokasinya di hutan wisata manggrove. Secara umum saya sih menyukai tempatnya yang tenang dan tidak terlalu ramai, bangunannya yang terbuat dari bambu bahkan kursi dan mejanyapun dari bambu, jembatan kayu yang menghubungkan antar bangunan dan hutan manggrove membuat anda melupakan kepadatan dan keramaian kota denpasar dan sekitarnya.

berikut beberapa hasil photo asalan tanpa persiapan :

a4

a6

a1 a2 a3 a5a

makan bareng   IMG_20150103_184246a

(sumber foto : pribadi, ini lebih tepatnya foodasal-jeprettography.. seni acak-acakan)

Foodtography kalo gak salah itu istilahnya untuk kegiatan foto makanan yang biasanya di gandrungi sama cewek-cewek di era android ini. Mungkin sudah bukan hal baru lagi sih untuk dibuat tulisan di blog tapi  ini Cuma sekedar buat cerita punya teman cewek yang hobby foto makanan.

Kapan hari kami keluar bertiga buat jalan -jalan weekend¬† sih ceritanya, bertiga itu ada saya sendiri yang dua lagi cewek, yang satu memang suka foto makanan kayaknya bukan jalan-jalan namanya bagi dia kalo gak dapat foto makanan, yang satunya lagi¬† suka mesan makanan tapi gak sanggup makan, beneran gak dihabisin makanannya Cuma di colek-colek doang habiss di foto-foto, tau sendiri yang jadi terget menghabiskan¬† ya saya sebagai cowok seorang, tapi karna gw punya perut juga ramping banget gak kuat juga ngehabisin porsi besar berkali-kali karna satu hari itu kita gak ke satu tempat aja… Hehe

ada enak dan gak enaknya juga sih temenan sama cewek-cewek yang hobbynya gitu-gitu, bisa kenyang tanpa harus bayar banyak *insting matree haha, gak enaknyakalo pas porsinya terlalu besar udah gak kayak disuruh makan lagi dah kayak di suruh nyuci satu ember.. Kuat gak kuat..¬† Tapi sebagai cowok yang menyaksikan perkara yang sedemikian selalu gak habis mikir aja tapi selalu bisa memaklumi ..¬†ūüėČ

Sudah sekian lama berada di bali tapi semua kayak gak nyata, apa benar aku sekarang di bali? Malah yang heboh temen-temenku yang belum pernah ke bali hehe, ya Bali memang amazing begitu banyak keunikan yang dapat ditemukan di bali, salah satu image yang tidak pernah terlepas dari bali adalah kelekatan kultur budayanya yang masih sangat terjaga meski begitu banyak pendatang yang berbondong-bondong ke bali  dari berbagai macam daerah dan negara dari berbagai belahan dunia.

Setiap hari di bali bagaikan liburan, sudah begitulah atmosfir yang ada di bali sulit dijelaskan secara detail. Aku teringat salah satu ungkapan di film the secret life of walter mitty “tidak semua keindahan harus diabadikan” begitu kira-kira pesannya, selama ini aku begitu terpesona dengan apa yang kutemui di bali sehingga sampai lupa mengabadikan setiap momennya sebagai bahan cerita, tapi cerita kadang juga gak bisa menyampaikan keadaan yang sebenarnya, jadi yang masih penasaran dengan bali silahkan melangkahkan kakinya ke bali ya.. Mungkin beberapa foto tentang bali akan menghiasi di beberapa judul di blog ini, foto tersebut bukanlah pemandangan terbaik yang pernah ku lihat di bali tapi hanya sebagian kecil yang sempat kuabadikan.

IMG_20141123_114157

(Sumber foto : sendiri – Pandawa Beach)

Sampah

Malam kemarin aku sempat nonton salah satu acara TV yang menghadirkan nara sumber seorang pemuda yang giat menjadikan sampah sebagai ladang bisnis  dengan omset yang sudah mencapai miliaran rupiahh. Sebenarnya bukan usahanya yang ungin saya garis bawahi disini tapi usahanya mendaur ulang sampah plastik menjadi tas plastik  yang dapat digunakan berulang kali yang dapat meminimalisir penggunaan kantong plasti biasa.

Menurut riset yang mereka lakukan ditemukan ternyata satu orang kita indonesia menghasilkan ratusan sampah plastik dalam setahun, yang paling mengejutkan ketika ditampilkan gambar sungai citarum yang seluruh permukaannya telah ditutupi oleh sampah sehingga tak heran kalau salah satu sungai di indonesia ini dinobatkan sebagai sungai terkotor di dunia, hmm …

20091023Sungai-citarum-treehugger.com_

(sumber photo : rhinochofathanoilham.wordpress.com)

Nah rekan-rekan sebenarnya kita semua sadar betapa pentingnya menjaga lingkungan terutama dalam hal meminimalisir sampah yang kita buang setiap harinya, Cuma kadang-kadang kita sebagai manusia yang orang Indonesia yang cukup bebas  dan sesuka hati ini suka lupa dengan hal-hal kecil yang sebebarnya kita tau tidak baik kalo kita biarka terus-terusan, sebenarnya gampang saya saja sih supaya kita ingat dan gak sering lupa yaitu dengan membiasakan diri dan selalu melihat akibat-akibat yang mungkin timbul oleh kebiasaan buruk kita.

Berikut saya coba hadirkan beberapa kebiasaan-kebiasaan yang ingin saya terapkan untuk mengurangi sampah yang saya lakukan setiap harinya, ya mulai dari hal-hal yang masih sangat sederhana sih, namanya juga usahaūüėÄ

1.  kalo belanja di swalayan  sekalian belanjanya

Maksudnya belanja gak per item jadi langsung sekalian sehingga barang-barang yang kita beli akan disatukan dalam satu kantong plastikr, coba kalo belinya misah-misah tap hari pasti kantong plastiknya juga bakalan banyak yang dihasilkan.

2. Kalo belanja di swalaya minta aja barangnya di gabungin dalam satu plastik

Biasanya kan sering tuh, di swalayan barang kita dipisah antara produk makanan dengan brang lainnya, kalo memungkinkan dan rekan-rekan rasa barangnya gak membahayakan kalo di gabungin dalam satu kantong plastik, mintak aja si mbaknya yang jaga kasir untuk disatuin barangnya biar kantng plastiknya yang tambah banyak.

3. Kalo beli makan diluar sekalian aja makan disono (buat anak kos)

Kenapa? Otomatis kalo kamu bungkus kamu bakalan menghasilkan kantong plastik dan pembungkus nasi lagi yang aan kamu buang jadi sampah, jadi sekalian aja kalo rekan rasa warungnya bersih dan memungkinkan makan aja disono, lagian kamu gak aan repot-repot buat nyuci piring gelas lagi

4. Pilih produk-produk yang bisa refill atau isi ulang

Meski tetap aja akan ada sampah tapikan sedikit atau lebih baik ketimbang yang gak refill, kebanyakan produk refill juga  salah satu tujuannya buat ngurangin sampah, bisa dibaca di kemasannya.

5. Biasakan jangan langsung membung kantong plastik

Aku biasanya sering melipat kantong plastik hasil belanjaan untuk di simpan ditempat yang gak terlihat sehingga kapanpun butuh kantong plastik kita bisa gunakan  kembali.

6. Punya botol minum sendiri

fungsinya biar biasa bawa minum sendiri kemanapun kita pergi, ke kantor, jalan-jalan, olahraga maupun makan diwarung ( biar irit mgkin..) , positivenya kita kan gak harus beli minuman kemasan lagi, sekalian biar sehat jadi kita ingat minum terus gak gampang kenak dehidrasi.

Itu sih bebarapa hal sederhana yang sangat mudah untuk aku lakuin untuk mengurangi sampah setiapharinya, memng sih kebanyakan tentang belanjaan karna memang plastik yang kita hasilkan tiap hari dari belanjaan. sangat tidak¬†repot dong pastinya, gak harus kayak ibuk PKK bikin bungan dari kantong plastik atau bikin tas dari kemasan rinso hehe… eh tapi ya boleh juga kalo rekan-rekan senang.

Makasih.. Silakan berbagi kalo ada cara lain yang mungkin bisa saya ikuti juga..ūüėČ