bahan material bangunan ramah lingkungan

Bismillah…

Bertepatan dengan adanya Diesnatalis ke 45 jurusan Arsitektur ITS, maka jurusan Arsitektur ITS kali ini ini seminggu penuh full mengadakan berbagai macam kegiatan yang di rangkai dalam acara Vestivars, diantaranya adalah seminar mulai dari tingkat jurusan, kampus, nasional bahkan sampai Internasional. hari pertama pembukaan yang di kemas juga dengan acara lomba seperti lomba menggambar untuk tingkat anak sekolah.. selanjutnya hari ke2 setelah sbuk dengan serangkaian acara pawai keliling kampus dan berbagai macam permainan akhirnya ada seminar dari seorang arsitek lulusan Arsitektur ITS juga tahun 2000an yang mempresentasikan tentang proyek2nya yang telah berhasil di kerjakan…
nama Bironya Andy rahman Architect yang bisa di bilang sudah cukup di kenal turutama di daerah jawa timur dan sekitarnya.

Dari presentasi yang di sampaikan oleh mas Andy rahman, saya tertari dengan gaya pengembangan rancangannya yang sangat memperhatikan pada konsep yang ramah lingkungan dengan penggunaan berbagai macam material yang sustainable, dalam artian material tersebuta adalah material yang banya tersedia atau bahkan melimpah yang bisa jadi seperti limbah atau material dari daur ulang.
diantara material-material yang kemarin di jelaskan dan di gunanakan pada bangunan rancangan Andy Rahman Architect adalah :

1. material resin (artinya kaca), yang merupakan material komposisi dari berbagai macam limbah, dimana menurut pejelasan mas andy rahman material resin ini sangat bagus dan estetik sekali di gunkan pada bangunan, di samping juga kualitasnya yang hampirsama dengan kaca. material resin memang tidak murah namun bila di bandingkan dengan kualitasnya dan juga wujudnya yang berasal dari limabah tentu material resin ini mempunyai nilai tambah tersendiri.
material ini bisa di dapatkan di penyedianya dengan cara pemesanan terlebih dahulu untuk di buat motif yang sesuai dengan keinginan kita, lamanya bisa mencapai satu bulanan.

2. Bambu Apus, adalah jenis bambu yang banya sekali terbapat di banyak daerah di Indonesia, material bambu bisa di katakan sustainable karena waktu tumbuhnya yang cepat yaitu 5 tahun sudah siap pakai dan tahan lamanya waktu penggunaan bisa mencapai sepuluh tahun.
dengan kreativitas yang bagus bambu ini akan sangat estetik sekali di gunakan untuk bangunan misanya sebagai perisai sinal surya, seperti yag di aplikasikan pada rancangan sekolah SD oleh Andy Rahman Architect yang masuk dalam salah satu majalah internasianal.

3. Batu bata ampas tebu, ini adalah hasil karya cipta Bpak totok Noerwasito salah satu dosen juusan Arsitektur ITS yang hebat-hebat kebanggaan saya, menurut mas andi rahman batu bata ampas tebu ini memiliki warna asli yang sangat estetik untuk bangunan dengan konsep alami modern, di samping kekuatannya yang bagus, batu bata ampas tebu ini juga ringan, sehingga membuat bangunan akan aman dari bahaya gempa.

4. papan bekas peti kemas, salah satu material kayu yang melimpah di pelabuahan bongkar muat. kayu ini kadang di sebut dengan kayu belanda, kayu ini dapat di olah kemali untuk berbagai macam furniture bangunan dan interiaor bangunan. kelebihannya adalah harganya yang murah juga kayu ini telah bear benar karing sehingga akan susak untuk busuk, berayap, dan sebagainya.

5. batu kali pecah yag biasanya di gunakan buat pondasi, batu kali ini bila di susun seestetik mungkin akan memiliki nilai tambah tersendiri yang sangat tinggi, karena mengingat batu ini juga masih relatif murah.

Itu dia yang saya dapatkan dari penjelasan mas andy rahman kemarin, salah satu pesannya adalah jangan sampai ada satu hal kecil yang membuat eksplorasi kita dalam merancang tidak maksimal, bereksperimanlah dengan bebas balam merancang.. ini saja yang dapat saya bagi kali ini dan semoga ini jadi ilmu tambahan yang sangat bermanfaat sekali buat saya pribadi khususnya dan bagi pembaca umumnya.. Wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: