Merancang Rumah Tinggal (tgs SPA)

dengan permulaan bismillahirrahmanirrahim semoga tulisan ini bisa jadi arsip spesial buat saya di kemudian hari ketika dunia hidup saya sudah berbeda dari dunia saya sekarang..

Merancang Rumah Tinggal Seorang Penulis yang saya maksud adalah  tugas SPA 3 saya, dimana tugas SPA3  di kampus saya adalah merancang rumah seorang klien dari berbagai macam profes,i dan lahan yang berbeda tiap mahasiswanya, nah kebetulan saya mendapati klien seorang penulis dengan lahan yang berlokasi di daerah perumahan kertajaya indah kec. sukolilo Surabaya, gampagnya agak dekat dengan kampus saya sehingga mudah melakukan surfey… bentuk lahannya sendiri sangat unik, melebar kebelakang, yang menurut feng shui akan banyak rezeki, karena rezki yang masuk sulit untuk keluar kembali,, boleh percaya bleh tidah sih….

penyajian tugasnya  ya seperti biasa, mulai dari lembar studi kasus, analisa lahan, denah dan beserta kawan-kawannya yang sebagainya itu, termasuk perspektif, interior, dan detail landscape nya, semua di A2 dengan penyelesaian tangan menggunakan tinta hitam dan pensil warna,, yahh… kalo di jumlahkan semuanya  tidak kurang dari 16 gambar di A2, minimanya sih segitu bagi yang berkemampuan pas-pasan seperti saya… axaaxaxaxaxa….😀 tapi saya PD nunjukin hasil tugas saya sendiri ke orang lain, walaupun jeleks, itu karya saya sendiri.. yang namanya kita nuntut ilmu butuh banyak cacian dan kritikan dari orang…. oya satu lagi maket juga harus di sajikan baik itu maket studi atau maket langsung jadi…. seperti sepak terjang saya yang di bawah ini ..

yang bawah ini nih denahnya, yang paling bikin pusing,, asistensinya gak mari-mari padahal kawan-kawan yang lain udah mulai ke interiornya…

ya bisa di bilang saya memang orangnya ya begitu lah agak lemot dikit,, tapi tunggu.. untu selanjutnya saya yang akan di depan.. jujur untuk SPA3 ini cukup berat bagi saya terutama harus menjalani 2 SPA, 3 dan 1, soalnya ngulang sih SPA1 nya, karena sakit alasannya…          kalo bicara soal denah keliatannya di lantai satu bagian belakang terasa agak lapang, sebenarnya maksud saya adalah ingin menciptakan ruang-ruang yang luas dan terbka di setiap bagian rumah, namun akibat dari ketertinggalan saya, jadinya saya harus ngebut dan mengerjakan semuanya seolah seadanya aja, fokus saya sudah ke ‘bagaimana tugas saya bisa selesai semuanya’ bukan lagi ke rumahnya… tapi ketika di perspektifnya ruangan belakang tersebut tidak lagi tersa begitu kosong malah sangat nyaman dengan interiornya yang sesuai dan adanya kolom 2 balok untuk lantai 2 nya yang besar dan terekspos sehingga membagi ruang jadi 3 bagian secara abstrak..  ruangan belakang tersebut juga mempuyai bukaan yang sangat besar ketaman seperti keinginan klien yang meginginkan dari setiap sudut ruangan sebisa mungkin bisa terlihat taman..

perspektif depannya seperti gambar di atas,, jelek ya…. gak pa-pa,,  lain kali harus bagus…. untuk fasadnya memang saya inngin memberikan kesan sederhana yang sedikit ada aura etnik ya… dengan penggunaan materialnya yang kebanyakan kayu atau warna-warna yang sifatnya lebih alami,, menurut saya kesan sederhana ini bisa melambangkan suatu keramahan pemilik rumah dan tidak egoistis seperti rumah-rumah di sekitarnya yang lebih terlihat tertutup dengan pagarnya yang tinggi sehingga terkesan egois, kalo alasan keamanan sih menurut pengamatan saya daerah lahan yang saya rancang ini bisa bibilang aman..

selanjutnya analisa lahannya seperti di bawah ini..

ada lay out nya juga ni yang bisa saya upload

potongannya gak jelas ini karna efek kamera saya terhadap garis-garis yang sangat halus, jadinya ya gitu

masih sangat banyak sih gambar yang lain lagi, tapi belum bisa ngupload… ya begitu aja sih,, hasil tugas saya,,,, jauhhh sekali dari harapan dan tuntutan tugasnya, tapi saya sudah berusaha, dan semoga Asdos saya gak kecewa,,, saya sudah ikhlas menerima nilai apapun selain E dan D…. hihihi harapannya sih A (ngarepp….), dan semoga Asdosnya tau saya lebih mampu dari ini….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: