SURABAYA….. (adipura menuju kota ekologis)

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh…. salam sejahtera buat semua pembaca, isi blog saya kali ini saya ambil dari kuliah pertama mata-kuliah Teori perumahan dan permukiman jurusan Arsitektur ITS oleh prof. Johan Silas, yang ingin sekali saya bagikan dengan pembaca semuanya.

sebelum masuk ke pembahasan prof. Silas memberikan beberapa rasioanal, diantaranya :

  • žJAL (Japan Air Lines) minta perlindungan pemerintah sebab tak mampu membayar hutang dan nyaris bangkrut, sementaražAir Asia menawarkan kenikmatan terbang ke banyak tujuan dunia dengan pesawat baru dengan tarif murah
  • ž Banyak kota di USA bangkrut seperti New York, Chicago dan Los Angeles serta Detroit=no city
  • di tengah-tengah krisis itu, žWalmart (perusahaan yang menjual barang-barang kebutuhan biasa/pokok), perusahaan No.1 versi Fortune top 500, hadir menjual barang murah demi rakyat Amerika yang jatuh miskin, kemudian digeser Dollar Tree toko serba satu dollar yang lebih murah bagi rakyat AS yang lebih miskin,
  • namun Perubahan terjadi di bidang politik dan ekonomi dan usainya era pesta-pora, kenapa ini terjadi? nah ternyata barang-barabf yang dijual di walmart dan tersebut juga nyatanya merupakan barang dari asia, khususnya china, sehingga yang banyak mendapat keuntungan adalah negara yang mengekspor barang tersebut ke amerika.
nah selanjutnya bagaimanakah dengan kota di Asia terutama Indonesia abad 21??
  •  ada semboyan “see kuala kencana before you die”.. kuala kencana adalah kota 90-ah di papua dengan standar kota hutan tropis yang
  • unik yang mengikuti kota dunia, bebas dari nyamuk, lalat, tikus, kecoa dan air minum langsung dari kran mengutamakan pesepeda dan pejalan kaki yang dikelola dengan GIS.
  • žKota Indonesia abad XXI tidak cukup hanya ekologis(ADIPURA), namun harus manusiawi dan cerdas dalam arti luas
diatas adalah potret taman Ex SPBU – Jl. Dr. Sutomo, Surabaya
-> Kota ADIPURA Kencana = ECO2 City
  • žBank Dunia melansir konsep ECO2 City yaitu kota bermutu ekologi dan ekonomi yang sama baik. Syaratnya:
  • žKota ekologi bila perencanaan dan pengelolaan lingkungan baik dan warga menjadi sejahtera, didukung oleh…..
  • žKota ekonomi yang membuka kesempatan luas dan bermutu bagi warga melalui pemanfaatan prasarana dan sarana kota bagi semua secara berkelanjutan dengan perhatian pada warga lapis bawah….
Konsep ADIPURA yang digagas pada tahun 1984 pernah ditransformasi menjadi Bangun Praja(2002) namun kurang diterima, Rentang 25 tahun membawa perubahan drastis dari ramah lingkungan, berkelanjutan ke ekologis(kini).

ADIPURA atau kota mulia menuntut keutuhan dan kesatuan lingkungan bermutu dengan kesejahteraan yang berkemanusiaan yang cerdas dan bermartabat.. maka lahirlah yang namanya :
Kota MEC 
1. Kota MANUSIAWI (humane)
  • žKota yang ditujukan untuk dan oleh manusia (berkemanusiaan). Ciri humane bukan sekedar kasihan dan sejenisnya, tetapi dijaminnya peluang semua berhak ada dikotanya, serta ada kebebasan mengaktualisasikan diri
  • žDiperlukan kota berkecerdasan (intelektual) tinggi, inovatif dan siap berkompetisi secara fair.
  • žHumane menjamin tak ada diskriminasi serta inklusif yang dinamis bagi semua
  • žKota  kompetitif yang ditentukan dari tinggi atau rendah intelektualitas warga dipandu budaya dan iman
  • žKebhinekaan dalam kesatuan yang kooperatif, kompetitif dan saling mengajak menentukan daya saing kota
2. Kota EKOLOGIS (ecological)
  • žPernah ada Garden City (Ebenhezer H.) dan City with Garden (CIAM); pilihan kini ada garden + hutan + air =urban garden (lebih dari Kuala Kencana)
  • žTantangan mendesak Kota Ekologis adalah air dan udara bersih, pengelolaan sampah dan sanitasi, bebas banjir (hujan dan laut) sampai tanah longsor/gerak.
  • žKota dengan urban bio-diversity (penghijauan) dan sumber air, menjamin warga sehat, produktif dan inovatif.
  • žKegiatan dan pola konsumsi boros, berdampak pada global warming dan perubahan iklim.
  • žSerasi-imbang di kawasan binaan (RTH, badan air, udara dan keaneka-ragaman hayati) terkait interaksi warga sebagai pemilik menjamin keberlanjutan.
#  Kota MEC=ekologis=ADIPURA #
žKota abad XXI oleh Sir Peter Hall: informasionalisasi, tertierisasi dan dislokasi, kini kota manusiawi, ekologis dan cerdas(MEC)
žPada bagan tiga lingkaran, besar lingkaran akan berbeda di tiap kota (tak sama) tergantung kondisi lokal. misalnya di Surabaya lingkaran Manusiawi lebih besar sedangkan di Kuala Kencana lingkaran Ekologisnya yang lebih besar dan seterusnya.
žMenghadapi pemanasan global dan kota sebagai kontributor terbesar, maka lingkaran ekologis perlu besar untuk dapat menyesuaikan diri berada pada standar yang baik.
# MEC kota Indonesia XXI? #
žKota Abad XXI harus urbanized berprinsip MEC plus hutan, sungai besar, urban farming dan pelayanan kota yang bermutu
žKota menjadi bagian dalam sistem global yang menghilangkan segala batas sehingga perlu MEC yang disesuaikan kondisi lokal.
žSebagai pemilik kota, warga perlu ciri CLIC :
Care, memperhatikan semua tanpa dikriminasi
Leadership, mampu memimpin warga yang beragam
Integrity, etika dan moral diri yang tinggi
Competent, mampu mengelola kota
# SURABAYA Menuju Kota Abad XXI…..? #
žMajalah FDI (Foreign Direct Investment) London menobatkan Surabaya sebagai Kota Masa Depan 2009-2010 yang kompetitif, murah dan mutu lingkungan hidup baik se-Asia Pasific,
žSulit ada “petani kota” tetapi (Surabaya) mengeksport (keluar kota) berton-ton cabe, ikan lele, belut, dan sebagainya
žSurabaya menyediakan sekitar 100 pusat binaan PKL, 5 hutan-kota, busem di daerah tinggi, sungai untuk rekreasi dan wisata air, perbaikan kampung pusat kota menjadi makin asri.
žTaman kota dibangun sampai pada skala kelurahan, ada hot-spot agar informasi dan puluhan CCTV lalu-lintas mudah diakses dari internet, dsb.
KOTA = warga saling membangun

žAda sekitar 200 mantri ekonomi dan sekitar 80 mantri kesehatan dengan tugas membangun mutu sumber daya warga di kampung unggulan
žAgar mutu ekonomi dan sosial warga efektif: ada pusat pembinaan PKL, puluhan pasar rakyat, ruang jual di mall yang disewa Pemkot guna dipakai warga secara cuma-cuma
žMelalui CSR: ada modal, pelatihan dan pemasaran hasil binaan kampung unggul. Misal: pusat lontong, sabun, pertaniaan, batik, dsb.
žPKL ditata bukan digusur walau bukan upaya mudah dan sederhana namun berhasil
taman sebagai sarana rekreasi
“global warming yang menjadi masalah bersama, kota adipura yang MEC solusinya….!
berikut adalah beberapa data taman hijau yang ada kota SURABAYA :
1. Taman Skala Kota
2. Taman &Jalur Hijau Kawasan Tepi Sungai di Kota Surabaya
3. Jalur Hijau dan Rotonde Surabaya

Persebaran Urban Farming Kota Surabaya

INISIASI PROGRAM KONSEP
demikianlaah sajian blog kali ini yang dapat saya postkan, terima kasih bagia anda yang telah membacanya, kalau ada yang salah mohon di sampaikan, dan kalau ada yang kurang silahkan di share kan, kalau dapan di manfaatkan silakan di manfaatkan dengan sebaik-baiknya…
akhir kata saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Prof. Johan Silas atas kuliah yang telah diberikan…. salam hangat, wassalamualaikum…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: