Sabang (Pulau Weh)

Assalamualaikum…  sebelumnya selamat datang di blog ini dan mohon maaf atas kekurangan…

Anda pasti tak asing dengan lagu “Dari sabang sampai merouke” bukan? tentu saja karena lagu ini merupakan salah satu lagu wajib Indonesia yang sering kita nyanyikan dulu waktu SD atau bahkan SMP , dan anda pasti tau liriknya.. ya.. menceritakan gugusan pulau-pulau yang sambung menyambung menjadi kesatuan Negara Republik Indonesia, Dengan Sabang berada di ujung paling barat dan Meurouke di ujung paling timur..

pernahkah anda penasaran bagaimana kedaan alam di salah satu daerah paling ujung Indonesia tersebut? kalo iya saya akan sedikit membagi kepada anda tentang Kota Sabang yang dikenal juga dengan sebutan “Pulau Weh“..

Sabang merupakan salah satu Kota madya Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, dan sudah sangat terkenal dari dulu pada masa penjajahan belanda, dimana sabang merupakan pelabuhan bebas yang sangat strategis untuk jalur perdagangan dunia. mungkin anda tidak pernah berfikir bahwa sabang merupakan pulau yang sangat aman dan tentram, jauh dari tindaka kriminal seperti pencurian dan sebagainya kalau pun ada pelakunya pasti dapat ditangkap dan di hukum, kok bisa? iya karena pulaunya yang tidak seberapa besar, sehingga membuat semua warganya hampir kenal secara keseluruhan satu sama lainnya,  di tambah akses menuju kesabang hanya melalui satu pelabuhan transportasi umum, sehingga setiap para pelaku kejahatan jangan harap bisa kabur…

Tidak hanya itu, sepanjang Konflik bersenjata yang terjadi di Aceh selama berpuluh tahun, sabang merupakan satu-satunya tempat paling aman dari ancaman konflik, bahkan  kejadian gempa bumi dan Tsunami 2004 silam yang luar biasa dahsyatnya  sabang merupakan daerah yang sangat sedikit mengalami kerusakan, Subhanallah jika saja Anda bisa merasakan hidup di Kota kecil ini, semua orangnya bersahabat dan ramah…


Untuk mencapai  sabang Anda bisa melalui bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang bintang Aceh besar dekat dengan Banda Aceh, dari Banda aceh ke sabang hanya berjarak 14 mil atau 22,5 Km  yang dapat ditempuh kurang lebih selama 2 jam dengan kapal Fery, dan 45 menit dengan kapal cepat melalui pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh sampai ke Pelabuhan Balohan Sabang.

anda tidak perlu cemas, diperjalanan anda akan banyak menjumpai berbagai tempat yang anda butuhkan, tempat makan? banyak..  sesampai dipelabuhan Anda bisa langsung mengambil tiket, sembari menunggu di jadwal keberangkatan Anda ke Sabang/Pulau weh, anda bisa makan dulu kalau berminat, di ruang tunggu atau di luar ruang tunggu tersedia kantin yang menjual semua makanan ringan atau berat. jadwal keberangkatan dari banda Aceh biasanya 3 kali, pada jam 10 am, 2 pm, dan jam 4 pm.

di ruang tunggu pelabuhan anda bisa menjumpai papan informasi tempat-tempat wisata yang ada di kota Bnada Aceh Atau di sabang, bahkan anda bisa menjumpai informasi-informasi festival yang sedang diselenggarakan.

untuk menyebrang ke sabang ada dua jenis transportasi penyebrangan yang disediakan kapal Fery atau Kapal Cepat yang berukuran lebih kecil dan tidak ada tempat kendaraan, kapal cepat tentu saja lebih cepat 2,5 kali jika Anda naik fery.. tapi tentu saja pengalaman perpergian akan lebih anda rasakan jika Anda naik fery, biarpun agak lama sekitar 2 jam namun Anda bisa menikmati pemandangan bebas laut hindia, atau anda bisa lebih leluasa berkenalan dengan Orang-orang disekitar anda untuk sekedar tau kebiasaan orang-orang setempat atau tempat-pariwisata yang wajib dikunjungi…

lihatlah orang-orang disekitar pelabuhan meraka terlihat lebih fleksibel dibandingkan dengan Orang-orang daerah kota besar, dan hidup disini cukup santai, anda tidak perlu sungkan dan malu… tapi Tetap anda harus menjaga Norma dan Aqidah di Kota ini, Anda sopan maka Anda akan sangat dihargai

sesampai disabang nah silakan deh anda mau kemana aja, karena semua tempat yang anda kunjingi smua menarik…  >_< hahhhh?? beneran deh.. ada beberapa tujuan wisata di pulau Sabang diantaranya :

1. taman wisata pulau rubiah (tempat Diving dengan taman laut termasuk yang terbaik diIndonesia) :
2. pantai Iboh
3. pantai Gapang, (pantai pasir putih)
4. Pantai Sumur tiga (pasir Putih)
5. pantai Anoe Hitam (pantaiberpasir hitam)
6. pantai Tapak gajah
7. Pantai balek Gunong
8. Air Terjun Pria laot
9, Tugu Nol Kilometer ( 0Km ) Indonesia
10. taman hutan lindung
dan masih banyak lagi, Sabang tidak hanya memiliki pemandangan alam yang indah tetapi juga merupakan tempat hunian banyak primata yang dilindungi baik darat maupun Air….
bisa Anda bayangkan berenang di air dangkal bersama ikan-ikan kecil dengan berbagai warna dan bentuk

Sepanjang perjalanan dari pelabuhan dari pelabuhan Anda akan jarang sekali menemukan Kepadatan, Macet, ataupun jalan rusak, yang ada hanya jalan yang lancar berbelok naik turun dengan pemandangan tanpa batas.

jika anda mencari tempat penginapan, Dikota ini tersedia penginapan dengan harga terjangkau, mulai dari harga Rp.100 rb sampai Rp.400rb/ kamar bersih dan sudah ber AC, tersedia di pusat kota atau juga di objek wisatannya seperti Pantai sumur tiga, pantai Iboh , dan gapang dengan bentuk penginapan berupa bungalow, cotage dengan berbagai tipe yang terdiri dari kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi dan balkon/teras + pemandangan yang indah. etidaknya sudah jauh lebih dari cukup untuk ukuran harga yang segitu, bila anda menginginkan hotel juga tersedia sedikit berada di pusat kota Misalnya Hotel Sabang Hill dan lain lain…

Air laut di Pulau weh sangat jernih sekali dan tentu sangat menyenangkan untuk berenang, snorkling atau diving, lautnya masih  alami  belum tercemar oleh banyak polusi atau  sampah terutama di kawasa taman wisata Pulau rubiah..

di kawasan Pantai iboh tersedia banyak tempat penyewaan alat keperluan berenang, diving atau snorkling,  banana boat juga tersedia ditempat ini walaupun tidak banyak, selain itu ada juga boat penyebrangan ke pulau rubiah atau untuk sekedar mengelilingi pulau rubiah yang dapat di sewa, uniknya diats  boat/perahu  ini anda bisa menikmati keindahan taman laut Pulau rubiah tanpa Anda turun langsung kedalam air, karena langsung diatas perahu tersedia fasilitas yang membuat anda bisa langsung melihat bagian bawah laut yang sedang anda lalui ..

masih di Pantai Iboh anda juga bisa menemui tempat penjualan yang menawarkan souveneer yang cukup unik dan sangat menarik dan lucu, pastinya kerajinan tangan khas Pulau weh dan Nanggroe Aceh Darussalam, selain kerajinan tangan tersedia produk lain berupa pakaian seperti kaos oblong dengan desain yang menarik, namun kalau anda menginginkan yang lebih banyak pilihan di daerah pusat kotanya bisa menjadi salah satu saran saya untuk anda…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: