Macam-macam Lift / Elevator

Lift/Elevator merupakan salah satu alat transportasi vertikal pada bangunan. secara umum orang pasti tidak asing dengan yang namanya lift penumpang atau yang satunya lift barang, karena keduanya sangat mudah sekali dijumpai di bangunan-bangunan publik seperti pusat komersial, sebenarnya lift/elevator tidak hanya itu saja namun ada beberapa macam yang dapat di katagorikan sebagai berikut :

1. Lift penumpang / Passanger Elevator

lift ini merupakan lift yang paling banyak digunakan yang umumnya kita temukan dengan mudah di berbagai macam bangunan berlantai banyak, fungsi utamanya ya untuk memindahkan orang dari dan ke tiap lantainya

* Untuk gedung high rise atau bahkan skyscraper, maka digunakan high speed elevator, bahkan ultra high speer elevator. Berapa cepat kah ultra high speed elevator itu?, mungkin juga banyak terdapat di sumber-sumber lain yang membahas mengenai kecepatan elevator.
2. Observation Elevator.
Banyak kita jumpai di mall / gedung rendah. Fungsinya sama dengan lift penumpang, hanya desainnya menggunakan kaca, atau biasa disebut lift kapsul. biasanya lift ini memang sengaja di hadirkan untuk menambah estetika bangunan.

* Salah satu pengembangan dari observation elevator, adalah nude elevator, dimana car dan  enterance  nya didesain dengan menggunakan kaca.

3. Service lift

Service lift merupakan lift penumpang yang fungsinya ditujukan untuk kegiatan operasional pendukung. Lift ini banyak kita temui di gedung perkantoran, dimana lift ini dikhususkan bagi oprasional, seperti building maintenance, cleaning service, atau membawa barang barang yang kecil.

4. Lift barang / Freight Elevator.

Lift barang di desain untuk mengangkut barang, biasanya lift ini mempunyai kapasitas yang lebih besar & bukaan pintu / door opening yang lebih besar.

5. Automobile Elevator.

Hampir sama dengan lift barang, automobile elevator di desain untuk membawa mobil. Tentunya dimensi dari kabinnya di sesuaikan dengan ukuran mobil. Untuk memudahkan oprasional, control dari lift ini disesuaikan. 

6. Bed Elevator / lift rumah sakit.

Lift ini digunakan di rumah sakit untuk membawa tempat tidur pasien. Karena itu ukurannya sudah disesuaikan dengan standart rumah sakit. 

demikian postingan kali ini semoga bermanfaat, informasi mengenai postingan ini saya dapatkan dari alamat blog berikut : http://elevatorescalator.wordpress.com, silakan kunjungin bila ingin dapat informasi lebih jelas.

yang terakhir jangan lupa tinggalkan komentar ya? siapa tau bisa terjadi sharing informasi yang sangat berharga..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: