Kebiasaanku ngurangin sampah plastik..

Sampah

Malam kemarin aku sempat nonton salah satu acara TV yang menghadirkan nara sumber seorang pemuda yang giat menjadikan sampah sebagai ladang bisnis  dengan omset yang sudah mencapai miliaran rupiahh. Sebenarnya bukan usahanya yang ingin saya garis bawahi disini tapi usahanya mendaur ulang sampah plastik menjadi tas plastik  yang dapat digunakan berulang kali yang dapat meminimalisir penggunaan kantong plasti biasa.

Menurut riset yang mereka lakukan, ditemukan ternyata satu orang kita indonesia menghasilkan ratusan sampah plastik dalam setahun, yang paling mengejutkan ketika ditampilkan gambar sungai citarum yang seluruh permukaannya telah ditutupi oleh sampah sehingga tak heran kalau salah satu sungai di indonesia ini dinobatkan sebagai sungai terkotor di dunia, hmm …

20091023Sungai-citarum-treehugger.com_

(sumber photo : rhinochofathanoilham.wordpress.com)

Nah rekan-rekan sebenarnya kita semua sadar betapa pentingnya menjaga lingkungan terutama dalam hal meminimalisir sampah yang kita buang setiap harinya, Cuma kadang-kadang kita sebagai manusia apalagi orang Indonesia yang cukup bebas  dan sesuka hati ini suka lupa dengan hal-hal kecil yang sebenarnya kita tau tidak baik kalo kita biarka terus-terusan, sebenarnya gampang saja sih supaya kita ingat dan gak sering lupa yaitu dengan membiasakan diri dan selalu melihat akibat-akibat yang mungkin timbul oleh kebiasaan buruk kita.

Berikut saya coba paparkan beberapa tips sederhana tentang kebiasaan-kebiasaan yang ingin saya terapkan untuk mengurangi sampah yang saya lakukan setiap harinya ;

1.  Saat belanja di swalayan, belanjanya sekalian banyak

Maksudnya belanja gak per item jadi langsung sekalian sehingga barang-barang yang kita beli akan disatukan dalam satu kantong plastik, coba kalo belinya misah-misah tiap hari pasti kantong plastiknya juga bakalan banyak yang dihasilkan, selain itu juga jadi hemat energi, hemat waktu dan ngurangin kemacetan kalo kita pakai kendaraan.

2. Saat belanja di swalaya minta barangnya di gabungin dalam satu plastik

Swalaya lagi? iya karna secara bagi orang yang tinggal di kota sumber sampah yang paling banyak berasal dari belanjaan. Biasanya kan sering tuh, di swalayan barang kita dipisah antara produk makanan dengan brang lainnya, kalo memungkinkan dan kita rasa barangnya gak membahayakan kalo di gabungin dalam satu kantong plastik, minta  kasirnya untuk menyatukan barangnya biar kantong plastiknya gak tambah banyak.

3. Kalo beli makan diluar sekalian aja makan disono (buat anak kos)

Kenapa? Otomatis kalo kita bungkus bakalan ada lagi kantong plastik dan pembungkus nasi yang akan kita bawa pulang jadi sampah, so sekalian aja kalo kita rasa warungnya bersih dan memungkinkan makan aja disono, lagian kita gak akan repot-repot buat nyuci piring dan gelas lagi

4. Pilih produk-produk yang bisa refill atau isi ulang

misalnya botol sabun, saat habis jangan di buang di pakai lagi buat refill jadi gak harus beli botolan terus, selain boros sampah botol lebih susah ngurainya ketimbang sampah kertas pembungkus plastik.

5. Biasakan jangan langsung membung kantong plastik

Saya biasanya sering melipat kantong plastik hasil belanjaan untuk disimpan, kapanpun butuh kantong plastik kita bisa gunakan kembali.

6. Punya botol minum sendiri

fungsinya biar biasa bawa minum sendiri kemanapun kita pergi, ke kantor, jalan-jalan, olahraga maupun makan di warung, lebih hemat hegienis dan ngurangi botol plastik.

Itu sih bebarapa hal sederhana yang sangat mudah untuk kita lakukan demi mengurangi sampah setiap harinya, gak harus seperti ibu-ibu PKK bikin bungaan dari kantong plastik atau bikin tas dari kemasan rinso hehe… eh tapi ya boleh juga kalo rekan-rekan senang.

Terima kasih sudah membaca, silakan ditambahi lagi di komentar kalo ada tip sederhana lainnya yang bermanfaat terkait cara mengurangi sampah plastik.

Iklan
6 comments
  1. Tambahan dulur… Bawa tas non-plastik sendiri dari rumah.. kan ada tuh skrang dijual di supermarket.. Jadi pas belanja banyak ga perlu pakai tas plastik.. ☺

    • dekdun said:

      haha di komen … malu aku 😀

      • Haha
        Eh.. ini fachrurazi kah?

      • dekdun said:

        bukann.. 😀

      • Lha.. salah ya.. aku kira temen kuliah ku dari Aceh dlu. Haha..

  2. sekecil apapun plastik pasti akan mengakibatkan banjir, halaman rumah jadi tak nyaman dengan banyaknya sampah plastik, dan selain itu, gampang sekali penyakit yang masuk ke lingkungan rumah tersebut. Maka dari itu, kita harus jaga lingkungan kita dari sampah-sampah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: