LAGI-LAGI MEUREUDU

PULOT – lagi lagi Meureudu

Pernah makan makanan sejenis kue yang terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang lalu di panggang? Ya, Pulot namanya kalau bahasa aceh. bagi saya Pulot adalah makanan yang sangat fenomenal dalam hidup saya, teringat dulu waktu kecil tepatnya sewaktu saya sekolah dasar, Pulot selalu menjadi sarapan yang lezat dan sulit tergantikan, bersama kopi menjadi perpaduan yang tidak bisa dipisahkan, pulot dan kopi di campur di dalam piring kecil rasanya sungguh nikmat selagi masih hangat. Tetangga saya dulu yang sekarang sudah seperti keluarga dekat adalah langganan pulot nikmat saya rasanya gak ada pulot lain yang seenak bikinan mereka hahaha, tapi kalo seperti sekarang saya pulang kampung dari perantauan Pulot dan kopi hitam selalu gratis, senangnyaa..

WP_20150909_08_28_29_Pro   WP_20150913_06_45_58_Pro

Ditempat lain saya sempat menemukan Pulot juga tapi sudah pakai isi biasanya abon atau daging, yang ada isi begini saya kurang suka, karna originalitas Pulot bagi saya itu pulot yang isinya beras aja gak pake isi,

PISANG BADA –  lagi lagi Meureudu

WP_20150911_15_18_07_Pro

Rasa belum pernah mendengar kata Bada untuk Pisang goreng di daerah lain selain di meureudu, Bada adalah sebutan untuk pisang goreng kipas di meureudu, rasanya juga sangat nikmat dan renyah, pisang yang di pakai untung bada ini adalah pisang khusus yaitu pisang kupok. Adonan tepung yang digunakan juga khas untuk tiap penjualnya seperti yang dijual juga oleh tetangga saya, biasanya saat menggoreng ada bagian tepung yang terpisah2 dari bada sehingga menjadi kerak-kerak tepung yang renyah juga untuk dimakan.

KOPI HITAM – Lagi lagi meureudu

WP_20150911_15_11_46_Pro

Kalo ke aceh jangan sampai deh gak masuk ke warung kopi untuk mencoba kopinya, dimana-mana tentunya di aceh, kopi menjadi minuman favorite masyarakat. Kopi aceh sungguh nikmat, cita rasanya luar biasa, meski yang paling terkenal adalah kopi Gayo tapi bukan berarti kopi di daerah lain di aceh tidak enak, justru sama enaknya hanya khas rasanya saja yang mungkin sdikit berbeda. Masyarakat di aceh secara umum merasa belum lengkap kalau aktifitasnya tidak ditemani dengan kopi, jak ugle, jak ubang, jak u laot, jak sikula, jak u kanto semua butuh kopi, biar otak encer  pikiran tenang unrusan beres.

  • Jak U gle  = pergi ke ladang
  • Jak U blang = pergi ke sawah
  • Jak U laout = pergi melaut
  • Jak U sikula  =pergi kerja di sekolah
  • Jak U kanto = pergi kerja di kantor

ADE – lagi-lagi meureudu

Yang tak boleh ketinggalan satu lagi adalah Ade, sejenis kue yang menjadi makanan iconic daerah meureudu, bahas masalah ade bisa cukup panjang, jadi bagi yang penasarang coba aja searching sendiri di internet, moga mendapat referensi yang lengkap beserta fotonya.

Tinggalkan Balasan

